Soal-Soal


1. Jelaskan tiga cara dimana Sistem Informasi dapat mengubah bisnis!
Jawaban : a. semua perantaraan bisnis bias ditemukan melalui internet dan jaringan informasi
b. kesempatan menuju globalisasi dibuktikan dalam jumlah pembaca surat kabar menurun disbanding pembaca berita di internet
c. berkembangnya perusahaan digital seperti pengembangan produk baru, pembuatan dan pemenuhan pesanan.

2. jelaskan bagaimana kualitas dan perusahaan digital dan mengapa perusahaan digital sangat kuat saat ini!
Jawaban : perusahaan digital dapat merasakan dan tanggap atas lingkungannya lebih cepat. Hal ini memberikan kemampuan yang lebih fleksible bagi perusahaan digital di era perubahaan ini. Dikatakan perusahaan itu paling kuat karena dari jadwal bekerjanya mengacu pada kegiatan bisnis yang terus menerus dan pekerjaan dapat secara fisik dikerjakan dimana saja pekerjaan tersebut dapat dikerjakan paling baik.

3. sebutkan dan jelaskan enam alasan mengapa system informasi sangat penting bagi bisnis saat ini
Jawaban : 1. Mendukung proses dan operasi bisnis.
Contoh: Kebanyakan toko retail mengunakan CBIS untuk membantu mereka mencatat
pembelian pelanggan, menelusuri persediaan, membayar pegawai, membeli barang
dagangan baru, serta untuk mengevaluasi trend penjualan.
2. Dukungan pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya.
Sistem informasi juga membantu para manajer toko dan praktisi bisnis lainnya untuk
membuat keputusan yang lebih baik. Contohnya keputusan mengenai lini barang
dagangan apa yang perlu ditambah atau dihentikan, atau mengenai jenis investasi apa
yang mereka butuhkan, biasanya di buat setelah sebuah analisis diberikan oleh sistem
informasi berbasis komputer. Hal ini tidak hanya mendukung pengambilan keputusan para
manajer toko, pembeli dan lainnya, tetapi juga membantu mereka melihat berbagai cara
untuk mendapatkan kelebihan dari para peretail lainnya dalam persaingan untuk
mendapatkan pelanggan.
3. Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif.
Contohnya manajemen toko mungkin membuat keputusan untuk memasang kios dengan
layar sentuh dalam semua toko mereka, yang terhubung dengan situs e-commerce untuk
belanja online.
4. Aplikasi bisnis
Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen dan keunggulan
kompetitif bisnis.
5. Proses pengembangan
Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan
mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis.
6. Tantangan manajemen
Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat
pemakai akhir, perusahaan, dan global dalam bisnis.

4. Apa yang dimaksud dengan Sistem informasi? Kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan oleh system informasi?
Jawaban : system informasi adalah sekumpulan komponen yang saling berhubungan, mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi. Kegiatan-kegitan yang dilakukan yaitu Organisasi, teknologi, dan manajemen.

5. apa perbedaan antara data dan informasi?
Jawaban : Data adalah sumber-sumber yang bersifat mutlak atau fakta. Sedangkan informasi adalah sumber-sumber yang bersifat sementara dan bisa diubah / update

6. apa yang dimaksud dengan keahlian system informasi? Apa perbedaannya dengan keahlian computer?
Jawaban : keahlian system informasi termasuk pendekatan perilaku dan pendekatan teknis untuk mempelajari system informasi. Perbedaannya dengan keahlian computer berfokus terutama pada pengetahuan dari technology informasi

7. Buat daftar dan jelaskan dimensi organisasi, manajemen, dan teknologi dari system informasi
Jawaban : secara singkat, dimensi Organisasi adalah orang-orang didalamnya, struktur, proses bisnis, politik, dan budaya. Dimensi manajemen adalah memahami banyak keadaan yang dialami organisasi, mengambil keputusan, dan merumuskan rencana kegiatan untuk memecahkan permasalahan organisasi. Dimensi teknologi adalah hardware, software computer, data management technology, dan networking and telecommunications.

8. Apa yang dimaksud dengan internet dan World Wide Web? Bagaimana cara keduanya mengubah peran yang dijalankan oleh system informasi dalam organisasi?
Jawaban : World Wide Web merupakan jasa yang diberikan internet yang menggunakan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, membentuk, dan menampilkan informasi dalam sebuah format halaman di internet.

9. apa tujuan dari system informasi dari perspektif bisnis? Peranan apa yang dijalankannya dalam rantai nilai informasi bisnis?
Jawaban : tujuannya adalah profitabilitas dan posisi strategis perusahaan. Peran yang harus dijalankan yaitu aktivitas pemrosesan informasiProses bisnisAktivitas manajemen.

10. mengapa beberapa perusahaan bisa mendapatkan nilai yang lebih dari system informasinya disbanding dengan perusahan lainnya? Apa peran asset-aset komplementer dan modal manajemen dan organisasi?
Jawaban : system informasi merupakan bagian dari urutan kegiatan menambah nilai untuk menambahkan, mengubah, dan mendistribusikan informasi dengan tujuan meningkatkan proses pengambilan keputusan, meningkatkan kinerja perusahaan, dan pada akhirnya meningkatkan profitabilitas perusahaan. TI tidak dapat memberikan nilai ini jika tidak diikuti dengan perubahan dalam organisasi dan manajemen yang disebut sebagai aset komplementer. Aset-aset komplementer ini termasuk model bisnis terbaru, proses bisnis baru, budaya organisasi yang menunjang, insentif atas dukungan manajemen dan inovasi, pelatihan, dan aset social seperti standar, hokum dan peraturan, dan infrasturktur telekomunikasi

11. Jelaskan perbedaan antara pendekatan perilaku dan teknis terhadap system informasi dalam hal pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang diberikan. Disiplin ilmu yang berkontribusi terhadap pemahaman atas system informasi?
Jawaban : pendekatan teknis menekankan model matematika untuk mempelajari system informasi, serta penekanan pada teknologi secara fisik dan kemampuan format dalam system tersebut. Sedangkan pendekatan perilaku yaitu melibatkan isu perilaku yang muncul dalam pengembangan dan pengelolaan jangka panjang dari system informasi. Isu seperti integrasi bisnis strategis, perancangan, implementasi, penggunaan dan menajemen tidak dapat dijelajahi dengan menggunakan model dari pendekatan teknis.

0 komentar:

Poskan Komentar